DEDUKTIF

Jumat, 25 Februari 2011

DEDUKTIF


berfikir deduktif adalah metode berpikir yang menerapkan hal-hal yang umum terlebih dahulu untuk seterusnya dihubungkan dalam bagian-bagiannya yang khusus.
Contoh: Masyarakat Indonesia konsumtif (umum) dikarenakan adanya perubahan arti sebuah kesuksesan (khusus) dan kegiatan imitasi (khusus) dari media-media hiburan yang menampilkan gaya hidup konsumtif sebagai prestasi sosial dan penanda status sosial.
dalam deduktif  terdapat silogisme. silogisme ini terbagi menjadi 3 yaitu, kategorial, hipotesis, dan alternatif. 

ciri - ciri paragraf deduktif:
paragraph deduktif 
adalah paragraf yang ide pokok atau kalimat utamanya terletak di awal paragraf dan selanjutnya di ikuti oleh kalimat penjelas untuk mendukung kalimat
tekhniknya yaitu umum-khusus

SILOGISME
silogisme  adalah suatu proses penarikan kesimpulan secara deduktif. Silogisme disusun dari dua proposisi (pernyataan) dan sebuah konklusi (kesimpulan).Penarikan secara langsung ditarik dari satu premis.silogisme bisa juga di artikan sebagai Penarikan tidak langsung ditarik dari dua premis.Premis pertama adalah premis yang bersifat umum sedangkan premis kedua adalah yang bersifat khusus.
Silogisme dapat dibedakan menjadi tiga yaitu :
1.      Silogisme Kategorial

Silogisme kategorial disusun berdasarkan klasifikasi premis dan kesimpulan yang kategoris. Premis yang mengandung predikat dalam kesimpulan disebut premis mayor, sedangkan premis yang mengandung subjek dalam kesimpulan disebut premis minor.
2.      Silogisme Hipotesis

Silogisme hipotesis yaitu Silogisme yang terdiri atas premis mayor yang berproposisi konditional hipotesis. Konditional hipotesis yaitu : bila premis minornya membenarkan anteseden, simpulannya membenarkan konsekuen. Bila minornya Menolak anteseden, simpulannya juga menolak konsekuen.
3.      Silogisme Alternatif

Silogisme yang terdiri atas premis mayor berupa proposisi alternatif.
Proposisi alternatif yaitu bila premis minornya membenarkan salah satu alternatifnya. Simpulannya akan menolak alternatif yang lain.
sumber by:
wikipedia.org




0 komentar: