prinsip usability

Sabtu, 20 Februari 2010

Prinsip Usability adalah masalah optimasi penggunaan sistem oleh pengguna atau user. Sistem akan bekerja dengan baik apabila dipergunakan secara maksimal oleh pengguna sehingga semua kemampuan sistem dapat di manfaatkan secara maksimal.
di dalam Prinsip Usability terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu diantaranya Human Ability, Human Capabilities, Memori, Proses, Observations, dan penyelesaian masalah.
Human ability yaitu terdapat baik dan buruknya manusia tersebut.
Human capability yaitu mencangkup penginderaan ( mata, telinga, kulit, dan lain lain), proses informasi,dan sistem motor sendiri
Memori yaitu dapat menyimpan pengetahuan faktual, dan pengetahuan prosedural.Terdapat 4 tipe memori yaitu Perceptual Buffer (Memori Sensor), Short Term Memory (STM), Intermediate, dan Long Term Memory (LTM).

Analisa Tugas dalam IMK

Analisa tugas adalah Proses menganalisa bagaimana manusia melaksanakan tugas sehari hari ataupun tidak dengan sistem yang ada.
Teknik (pendekatan) untuk analisa tugas yaitu seperti :
1. Dekomposisi tugas, memilih milih tugas ke sub-tugas beserta urutan
pelaksanaannya
2. Teknik berbasis pengetahuan, melihat apa yang harus diketahui oleh
user tentang objek dan aksi yang terlibat dalam tugas dan bagaimana
pengetahuan itu diorganisasikan
3. Analisa berbasis relasi-entitas, pendekatan berbasis objek, dimana
penekanannya pada identifikasi aktor dan objek, relasi dan aksi yang
dilakukan.
analisa tigas di khususkan untuk user secara keperluan sendiri. banyak aplikasi dalam analisa tugas, contohnya sperti dalam pembuatan secangkir teh, pembuatan sebuah desaign, pembutan database, dan lain - lain.
analisa tugas sangat di perlukan dalam menyelesaikan tugas dengan baik sehingga sedikit kesalahan yang kita buat dalam bekerja dan hasilnya sangat bisa memuaskan diri kita sendiri.

komentar film I ROBOT

Film I robot merupakan suatu film robot yang cukup menarik, bercerita tentang suatu dokter yaitu dokter nelson yang menciptakan suatu robot yang mungkin bertujuan dapat membantu manusia dalam tugas sehari hari,, tetapi robot ini menjadi jahat karena ada kesalahan sytem yang terdapat di robot dan akhirnya membunuh dokter nelson. seorang detektif yang di bintangi oleh will smith, ingin membantu mengungkapkan kematian dokter nelson. robot tersebut bernama ns 5..tetapi akhirnya robot ns 5, bisa di benarkan systemnya sehingga robot tidak jahat seperti dahulu.
Film I ROBOT sangat menarik dan patut untuk di tonton,,selain ceritanya sangat menarik, film dan animasi nya juga sangat bagus. dan kita bisa mengambil hikmah dari film I ROBOT, selain kita harus hati hati dalam pekerjaan, sehingga dalam menciptakan sesuatu, perlu di pikirkan secara matang matang sehingga kita tidak salah bertindak dan dapat menimbulkan ketidak nyamanan manusia.

pendahuluan interkasi manusia dan komputer

Pendahuluan
interkasi manusia dan komputer ( IMK ) merupakan suatu interaksi antara manusai dan komputer, tugas dan lain - lain. IMK berasal dari berbagai disiplin bidang ilmu, teknik dan kesenian sehingga banyak aplikasi untuk IMK. dalam IMK, di perlukan interface yang baik sehingga terciptanya IMK yang baik.
IMK meliputi ergonomi dan faktor manusia. Dalam IMK konteks kerja dan tugas user melibatkan :Desain, Implementasi sistem interaktif, Evaluasi. Interaksi bisa di katagorikan sebagai interaksi komunikasi antara user dan komputer, dan dapat dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu secara langsung dan tidak langsung. Langsung adalah dialog dengan feedback dan kontrol dari performance tugas, dan untuk Tidak langsung adalah proses background dan batch.
dalam IMK, Input manusia contohnya seperti panca indera (mata, telinga, hidung, lidah, kulit) dan Output manusia contohnya seperti kontrol motor dan efektor. banyak sekali input manusia yang bisa di rasakan terhadap kita.
Input dalam komputer dalam IMK contohnya seperti data berkelompok besar, dan antara user dan komputer sendiri, dll...
terdapat banyak interaksi antara komputer dan mausia sendiri, sehingga bisa terdapat IMK tersendiri.

kasus BLBI

Kamis, 11 Februari 2010

Pertama kali kasus BLBI mecuat pada tahun 2000.BPK menyebutkan bahwa Dana BLBI di selewengkan hingga 138 triliun.delapan tahun berjalan,pemerintah tidak mempunyai kekuatan apa-apa untuk menuntaskan masalah ini.dalam pengusutan tersebut,terdapat 7 obligor yang harus membayarkan/mengganti rugi terhadap negara.
Hah memang kasus di indonesia banyak sekali.....dari kasus soeharto sampai kasus BLBI. tetapi yang membingungkan adalah keneapa pemarintah belum bisa menyelesaikan masalah-masalah ini.contohnya saja kasus BLBI,hingga sekarang belum juga tuntas....ada apa sebenarnya pemerintah kiTa?????
Seperti yang di ungkapkan oleh pemberitaan stasiun televisi SCTV.ternyata Pemerintah akhirnya mengakui kesulitan menuntaskan kasus bantuan likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Selain rumit memutuskan angka dan penurunan nilai aset, pemerintah juga kesulitan menagih para obligor yang berada di luar negeri. Demikian diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati usai rapat koordinasi dengan DPR di Jakarta, Jumat (8/2).
begitulah yang di ungkapkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kepada tim SCTV.dalam masalah ini pemerintah siap memberikan keterangan terhadap masyarakat.
Dalam pemberitaan SCTV,Akhir bulan silam, Badan Musyawarah (Bamus) DPR sepakat mengundang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 12 Februari nanti. Pemerintah diundang untuk memberikan jawaban atas pertanyaan DPR yang mengajukan hak interpelasi mengenai kasus BLBI.(ANS/Tim Liputan 6 SCTV).

Semoga kita berharap,kasus BLBI ini cepat selesai dengan mudah.Tanpa memikirkan apapun.Pemerintah harus tegas dalam mengambil keputusan.